Saturday, September 11, 2010

whatta mean to be !!

When nightmares and tears represents being shy,
That’s when farewell isn’t meant to be goodbye.
When neverending insufficiency feels exhaust,
That’s when forgotten love isn’t meant to be lost.
When feeling beaten, broken, lost or afraid,
That’s when soulmates aren’t meant to be separate




Grandma Fable



Ternyata cerita-cerita nenek sebelum tidur yang masi kuingat sampai sekarang ada maknanya, tidak smua cerita dongeng tetapi lebih banyak cerita yang intinya mempunyai makna kehidupan. Salah satunya yang masih kuingat sampai saat ini cerita tentang raksasa. Persisnya tidak begitu kuingat tapi akan kucoba untuk menceritakannya kembali secara singkat, yang kira-kira begini...:
Alkisah, ada raksasa yang mempunyai kekuatan menakjubkan dan ketenarannya ini menyebar hingga langit. Kabar kehebatannya ini pun sampai kepada raksasa lain yang berada dinegeri seberang. Maka, ia sangat ingin mengenal raksasa yang banyak dibicarakan orang-orang. Diapun mengirim surat yang manis yang berisi tentang persahabatan dan pertemanan. Tetapi keinginannya ini berubah ketika datang sebuah balasan kejam yang menolak persahabatan antar keduanya. Oleh karena itu, ia ingin balas dendam membela kehormatan dirinya dari seorang yang congkak yang telah berlaku buruk dalam membalas suratnya. Ia pun berusaha mencarinya dan tibalah ia ditempat  tinggal raksasa hebat tersebut. Sementara itu, ketika raksasa hebat itu mendengar langkah kaki musuhnya yang menggetarkan bumi, melemahlah kekuatannya dan seketika berubah air mukanya. Seorang perempuan mengetahui hal ini, lalu menyuruhnya untuk naik ke ranjang dan berselimut..
Musuh sadis ini bertanya kepada perempuan tersebut tentang keberadaan sicongkak yang tidak tahu sopan santun bahkan kepada dirinya, dan memberitahunya bagaimana cara menjawab pertanyaan orang lain. Perempuan tersebut malah memintanya untuk tidak meninggikan suaranya agar tidak membangunkan anak kecil yang sedang tidur. Ia menunjukkan kedua kakinya yang tersembul dari bawah selimut. Ketika ia melihat bahwa inilah yang membuat ia takut, ia diam sebentar seperti disiram air dingin, dan bergumam, “ hanya anak kecil...? lalu bagaimana dengan ayahnya...? kemudian dia angkat kaki untuk kembali keasalnya.
Dulu aku sangat kesal kalau nenek sudah mulai bercerita yang endingnya sering menggantung begini, nenek bilang ,”yah pokoknya begitulah kisahnya!” Hahahahha maka tertidurlah aku dalam rasa penasaran yang tinggi. Itu juga yang membuat aku terkadang masi mengingat cerita-cerita sebelum tidur itu.
Sekarang setelah aku pikir-pikir cerita nenek banyak makna yang terkandung didalamnya. Ada pesan-pesan moral yang mungkin berat buat seorang anak kecil (masa itu). Dan pintarnya nenek selalu tidak mau menjelaskan makna ceritanya, mungkin agar aku bisa selalu ingat dan mencari jawaban sendiri. 
Kita mengalami gangguan kendali ketika orang lain menilai situasi dengan cara yang berbeda, khususnya jika dia memaksakan penilaian itu kepada kita, dan mengatakan apa yang seharusnya dan tidak seharusnya kita lakukan. Invalidasi terhadap tindakan dan kemampuan kita bisa menimbulkan gangguan yang sama besarnya. Setiap orang berpendapat bahwa mereka memiliki keyakinan yang benar, karena jika tidak, mereka tidak akan meyakininya.

to be continue....

0 comments:

Post a Comment

 
The other side of me Blogger Template by Ipietoon Blogger Template